Senin, 19 September 2016

Sambutan Rektor Unismuh pada Pengukuhan Maba 2016/2017


PENGUKUHAN. Rektor Unismuh Makassar, Abdul Rahman Rahim (tengah) foto bersama Ketua BAN-PT Prof Mansyur Ramly (paling kanan), dan Ketua BPH Unismuh Makassar, Syaiful Saleh, pada acara pengukuhan mahasiswa baru tahun akademik 2016/2017, di Balai Sidang Utama Universitas Muhammadiyah Makassar,Kamis, 8 September 2016. (Foto: Andriani/Humas Unismuh Makassar)


-----




Sambutan Rektor Unismuh pada Pengukuhan Maba 2016/2017




Sambutan Rektor Universitas Muhammadiyah Makassar
Pada Rapat Senat Terbuka Luar Biasa
dalam Rangka Pengukuhan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2016/2017
Di Balai Sidang Utama Universitas Muhammadiyah Makassar,
06 Dzulhijjah 1437 H / 8 September 2016 M

Assalamu Alaikum wr. wb.
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmatNya sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul di Kampus Unismuh Makassar dalam rangka pengukuhan mahasiswa baru Tahun Akademik 2016/2017. Salawat dan taslim kita curahkan kepada manusia terbaik dan termulia Nabiullah Muhammad SAW sebagai panutan dan Rahmatan Lil alamin.
Pada  kesempatan  yang  berbahagia  ini  saya, atas nama Rektor dan seluruh sivitas akademika Unismuh Makassar, mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung kepada Ananda Mahasiswa Baru Angkatan 2016 di Kampus Biru Universitas Muhammadiyah Makassar.
Selamat atas keberhasilan anda telah melalui persaingan yang sangat ketat meraih tempat untuk belajar di Unismuh Makassar. Mulai hari ini, anda memasuki tahap pendidikan lanjutan, setelah anda berhasil menyelesaikan tahap pendidikan menengah.
Pada tahap pendidikan tinggi ini, anda akan mengikuti suatu proses pendidikan yang lebih tinggi, yang keberhasilannya selain ditentukan oleh kemampuan akademis, juga ditentukan oleh kedewasaan, kemandirian, kerja keras, dan doa.
Saya mengharapkan hal tersebut tetap anda pertahankan sekuat tenaga, supaya dapat menyelesaikan tugas-tugas anda sebagai mahasiswa Unismuh Makassar, dan berhasil menyelesaikan studi di Unismuh Makassar dengan tepat waktu dan prestasi yang terbaik, kami percaya bahwa anda akan menggunakan kesempatan ini untuk berkarya secara maksimal.
Selanjutnya kami ucapkan terima kasih kepada orang tua ananda dan ananda sendiri yang telah memilih Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikan. Kami berharap ananda dapat segera menyesuaikan diri dan mampu berkarya secara baik dengan suasana akademik yang ada di kampus ini.

Hadirin dan Ananda Mahasiswa Baru yang Berbahagia!
Penerimaan   mahasiswa   ini   mencakup   mahasiswa   untuk   program  sarjana,  dan magister. Jumlah  mahasiswa  yang  dinyatakan lulus dan bergabung   menjadi   anggota   masyarakat  akademik  Unismuh Makassar tahun  2016  sebanyak  4613  orang  yang meliputi jenjang pendidikan Sarjana yaitu : FKIP = 1.758, FEBIS = 1.089, Fisipol= 603, Fak. Pertanian= 376 Teknik= 409, FAI= 269, Kedokteran = 50, dan Pascasarjana Prodi S2 Manajemen dan Pendidikan Bahasa Indonesia = 59 org.
Hal yang menggembirakan dan patut kita syukuri karena untuk tahun ini sebagaimana tahun sebelumnya minat mahasiswa asing untuk belajar di Unismuh Makassar cukup tinggi.
Tahun ini kita kedatangan mahasiswa asing sebanyak 13 orang yang terdiri dari 7 orang untuk program S-1 yaitu 6 orang dari Thailand yang memilih prodi Pendidikan Agama Islam, Ahwal Syakhshiyah, Pendidikan Bahasa Indonesia, Teknik Elektro, Agribisnis dan 1 orang dari Malaysia yang memilih Prodi Manajemen.
Selanjutnya untuk program Pendidikan 1 Tahun terdapat 6 orang masing-masing dari Polandia, Spanyol, Madagarkar, Thailand, dan Papua Nugini yang memilih Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia. Hal ini menunjukkan apresiasi masyarakat yang cukup tinggi bukan cuma dalam negeri tapi dari luar negeri terhadap penyelenggaraan pendidikan di Unismuh. Hendaknya kepercayaan ini kita terus jaga dan tingkatkan agar Unismuh menjadi destinasi pendidikan tinggi baik dalam maupun luar negeri.

Hadirin dan Ananda Mahasiswa Baru yang Berbahagia!
Sebagaimana diketahui bahwa Universitas Muhammadiyah Makassar merupakan salah satu perguruan tinggi terbesar di Indonesia Timur yang hadir sebagai salah satu wujud tanggungjawab Muhammadiyah untuk umat dan bangsa ini dengan Visi Menjadi Perguruan Tinggi Islam Terkemuka Unggul Terpercaya dan Mandiri.
Untuk itu, kita wajib menjaga dan melakukan upaya untuk mengembangkan kampus kita tercinta ini agar selalu unggul di berbagai ajang kompetisi baik tingkat nasional maupun Internasional.
Di era perdagangan bebas saat ini transaksi suatu negara  dengan negara lain menjadi semakin mudah dan tidak bisa  dicegah. Di sektor industri manufaktur, penguatan daya  saing    mutlak    diperlukan    untuk    dapat    bertahan   dari ancaman,  persaingan yang semakin ketat. Peran Mahasiswa maupun Sarjana menjadi sangat  penting dalam rangka pengembangan sektor industri yang  mencakup aspek-aspek pengembangan teknologi industri, dan sumber daya manusia.
Sebagai persiapan menghadapi perdagangan bebas dalam hal Masyarakat Ekonomi Asean di mana negara ASEAN memungkinkan terjadi perpindahan  tenaga kerja secara bebas, Salah satu butir kesepakatan dalam MEA 2015 adalah freedom of movement for skilled and talented labors; kebebasan bagi tenaga kerja terampil dan berbakat. Kesempatan kerja pada industri Indonesia akan diisi oleh tenaga asing jika tenaga kerja Indonesia tidak memenuhi kualitas/ kompetensi yg disyaratkan.
Oleh karena itu, Salah satu tugas Utama Universitas Muhammadiyah Makasssar Sebagai Perguruan Tinggi adalah Mempersiapkan Generasi Unggul dalam Menghadapi Persaingan Global dan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA melalui peningkatan hard skill dan soft skill mahasiswa berupa penguasaan Iptek dan keterampilan serta peningkatan kualitas karakter melalui pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dengan cara:
1.      Peningkatan hard skill mahasiswa melalui peningkatan kemampuan untuk menguasai ilmu pengatahuan teknologi dan keterampilan teknis dalam mengembangkan intelligence quotient yang berhubungan dengan program studi dan bidangnya.
2.      Peningkatan Soft Skill melalui peningkatan keterampilan mahasiswa dalam berhubungan dengan orang lain (interpersonal skills) dan keterampilan mengatur dirinya sendiri (intrapersonal skills) yang mempu mengembangkan untuk kerja secara maksimal.
Yang termasuk di dalam soft skill adalah: (1) inisiatif, (2) etika/integritas, (3) berfikir kritis, (4). kemauan belajar, (5) komitmen, (6) motivasi, (7) bersemangat, (8) dapat diandalkan, (9) komunikasi lisan, (10) kreatif, (11) kemampuan analitis, (12) dapat mengatasi stres, (13) manajemen diri, (14) menyelesaikan persoalan, (15) dapat meringkas, (16) berkoperasi, (17) fleksibel, (18) kerja dalam tim, (19) mandiri, (20) mendengarkan, (21) tangguh,  (22) berargumentasi logis, (23) manajemen waktu.
Unismuh Makassar telah menyiapkan wadah kepada mahasiswa untuk mengembangkan bakat baik melalui pendidikan maupun melalui pelatihan, dan kegiatan-kegiatan ilmiah lainnya.
Langkah strategi yang telah dilakukan unismuh untuk dalam mengelolah perguruan tinggi untuk menghasilkan mahasiswa dan lulusan yang berkualitas adalah sebagai berikut :
1.      Meningkatkan kualitas produk Unismuh yang meliputi : lulusan, penelitian, pengabdian masyarakat, ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui peningkatan mutu proses pembelajaran, mutu penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang bermuara pada produk yang berkualitas dan berintegritas dengan memperkokoh karakter melalui pendidikan nilai  Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) serta peningkatan sistem penjaminan mutu baik SPMI oleh P4M maupun sistem penjaminan mutu Eksternal oleh Majelis Dikti Litbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah, BAN-PT, Kopertis Wil IX, Kemenristek Dikti, Lembaga Akreditasi lainnya di level Regional, Nasional, dan Internasional.
2.      Meningkatkan kualitas sumber daya yang meliputi : dosen, karyawan, sarana prasarana yang mendukung peningkatan seluruh produk Unismuh melalui peningkatan derajat pendidikan tertinggi, kepangkatan dan jabatan fungsional tertinggi, sertifikasi dosen, peningkatan wawasan dan ilmu pengetahuan, seni, skill serta kesejahteraannya. Begitupun juga peningkatan kualitas dan kuantitas sarana prasarana pembelajaran di kelas maupun di laboratorium yang mendukung peningkatan kualitas seluruh produk Unismuh.
3.      Peningkatan dan pembinaan kemahasiswaan dan alumni melalui pembinaan bakat, minat, penalaran, wawasan dan prestasi mahasiswa, penyelesaian studi tepat waktu, indeks prestasi mahasiswa tertinggi serta kesejahteraannya melalui Beasiswa dari Pemerintah Pusat, Gubernur, para Bupati maupun swasta, dan Unismuh sendiri begitu pula bagi lulusannya berpeluang mendapat kesempatan kerja di berbagai sektor lapangan pekerjaan ataupun menjadi wirausaha yang tangguh dan mandiri.
4.      Pengembangan Al Islam dan Kemuhammadiyahan melalui peningkatan kajian, pemahaman, dan pengamalan ajaran Islam sesuai dengan Al-Qur’an dan sunnah dengan indikator utama : shalat fardhu berjamaah di masjid dan mushollah dalam kampus.
5.      Meningkatkan kualitas dan kuantitas kerjasama antar institusi, baik dalam maupun luar negeri  yang mendukung peningkatan kualitas seluruh produk Unismuh dengan prinsip saling menguntungkan dalam rangka peningkatan ilmu pengetahuan teknologi, seni budaya, dan pengamalan ajaran Islam sesuai Al-Qur’an dan Sunnah.
Penyediaan lembaga kreativitas mahasiswa mulai dari Himpunan Mahasiswa Jurusan, BEM Fakultas, Bem Universitas, IMM tingkat Fakultas (Pikom), IMM Tingkat Universitas (Korkom), dan UKM kemahasisiswaan diantaranya : UKM Tapak Suci Muhammadiyah, TALAS, LKIM-PENA, PAHALA, KSR-PMI, UKM Olahraga, UKM Bahasa, dan HW.
Dari melalui lembaga-lembaga tersebutlah sehingga mahasiswa dapat menggapai prestasi tingkat Nasional dan Internasional seperti Mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menjadi wakil Indonesia dalam kontes debat bahasa inggris tingkat Asiamengikuti debat di Assumption University of Thailand, Bangkok.
Kegiatan ini akan berlangsung dari tanggal 29 Mei – 10 Juni 2016; Mengikuti ajang ICEPAS 2016 (International Conference on Education, Psychology and Society 2016) di Pulau Jeju, Korea Selatan; menjadi Delegasi Think ASEAN program 5 negara (Singapura, Malaysia, Thailand, Kamboja dan Vietnam), Meloloskan 7 Peserta pada Ajang Youth Excursion 2016 (YOUTEX 2016) Kuala Lumpur, Malaysia, dan Peringkat 3 Terbaik Perguruan Tinggi Swasta se-Indonesia yang Meloloskan PKM 5 Bidang (PKM) Didanai oleh Kemenristek Dikti; UKM Seni Budaya Talas Unismuh Makassar, jadi juara dalam festival tari mahasiswa nasional III. Festival ini digelar oleh Universitas Sriwijaya, Palembang. Dan masih banyak prestasi akademik lainnya yang tidak disebutkan satu persatu.
Semua program strategis di atas hanyalah dapat dicapai melalui budaya organisasi yang menekankan pada integritas, profesionalisme dan  enterpreneurship.
Nilai integritas ibarat “nyawa” dari organisasi, karena itu nilai ini menjadi yang pertama dan utama yang harus dimiliki, dihayati dan diamalkan oleh setiap civitas akademika Unismuh Makassar yang terwujud dalam sikap : jujur, beretika, bertanggung jawab dan dapat dipercaya, satunya kata dan tindakan, mempunyai rasa memiliki dan amanah terhadap perguruan, menjaga kepatutan dan nama baik institusi, menghargai pihak yang telah berjasa kepada Unismuh.
Sedangkan untuk “tubuh” adalah  Profesionalisme. Tanpa tubuh yang sehat maka kita tidak mungkin berprestasi, tanpa profesionalisme maka institusi ini tidak mungkin menjadi unggul, terpercaya dan mandiri sesuai apa menjadi visi dan misi Unismuh.
Unismuh hanya dapat memiliki operasional yang sehat bila para pengelolanya memiliki kecakapan memecahkan masalah yang terjadi setiap hari, menunjukkan kedisiplinan, memiliki kompetensi dan keterampilan tinggi yang dikembangkan secara terus menerus dalam menghadapi tantangan internal dan eksternal institusi.
Jadi profesionalisme adalah hal yang harus kita miliki untuk bisa meraih keberhasilan dari hari ke hari. Sebagai contoh profesionalisme adalah pelayanan unggul baik kepada pelanggan internal (mahasiswa, dosen dan karyawan) maupun pelanggan eksternal (pengguna produk/lulusan Unismuh). Pelayanan unggul adalah pelayanan yang membuat pelanggan selalu kembali kepada kita dan bahkan menceritakan kepada pihak lain keunggulan kita.
Sedangkan entrepreneurship sendiri adalah merupakan “jiwa”. Sesuatu yang ada dalam diri yang memberikan dorongan semangat dan membuat kita selalu bergerak ke depan, ingin memiliki masa depan yang lebih baik. Inilah inti sari entrepreneurship yaitu melakukan inovasi terus menerus.

Hadirin dan Ananda Mahasiswa Baru yang Berbahagia!
Membagi waktu menjadi faktor penting bagi seluruh mahasiswa untuk melakukan proses pembelajaran. Melalui kegiatan ekstrakurikuler yang terstruktur dan terencana dengan baik, Lembaga Kemahasiswaan, bekerjasama dengan unit-unit kegiatan mahasiswa dan organisasi kemahasiswaan lainnya akan melaksanakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kedewasaan dan kemandirian mahasiswa. Dengan demikian, para mahasiswa diminta secara aktif untuk memanfaatkan dan mengikuti dengan baik kegiatan tersebut.
Kami percaya bahwa anda masuk ke kampus ini dengan memiliki berbagai tujuan tertentu, yang mengarah kepada kesejahteraan atau kehidupan pribadi atau keluarga yang lebih baik di masa depan. Namun sebagai warga negara Indonesia yang baik, kita semuanya memiliki kewajiban bersama untuk mensejahterakan bangsa Indonesia.
Agar kewajiban kita dapat dilaksanakan, kami berharap anda dapat bekerja secara kreatif, inovatif dan ikhlas, dengan baik dan sungguh-sungguh tanpa melanggar norma maupun aturan-aturan lainnya.
Karena ananda mahasiswa baru merupakan warga kampus yang belum mengenal dengan kehidupan akademik dan kemahasiswaan, maka Universitas Muhammadiyah Makassar menyelenggarakan Pesantren Maba untuk saudara-saudara.
Melalui program ini saudara-saudara akan diperkenalkan dengan sistem pendidikan yang ada di perguruan tinggi ini. Disamping itu juga diperkenalkan lembaga kemahasiswaan yang ada di Universitas Muhammadiyah Makassar. Program ini juga dimaksudkan untuk menciptakan keakraban yang harmonis antara mahasiswa baru dan mahasiswa lama serta dengan seluruh civitas akademika Unismuh Makassar.
Belajar di universitas tentu saja berbeda dengan ketika saudara masih di SMU/SMK karena saat ini saudara dituntut untuk lebih mandiri dan berpikir secara kritis atas ilmu-ilmu baru yang akan saudara temui saat perkuliahan.
Dosen bersifat membimbing dan mengarahkan saudara pada bidang ilmu yang ditempuh, dan menjadi tugas saudara untuk mengeksplorasi ilmu tersebut lebih dalam lagi melalui referensi-referensi ilmiah yang ada di perpustakaan, situs internet, jurnal, diskusi kelompok maupun tinjauan lapangan.
Sebagai mahasiswa, paling tidak ada tiga tanggung jawab yang harus saudara pikul. Pertama, bertanggung jawab kepada diri sendiri. Keberhasilan saudara di dalam menyelesaikan studi terutama akan sangat bergantung kepada upaya-upaya yang dilakukan oleh diri sendiri. Berbeda dengan ketika duduk di bangku SMU, kemandirian adalah merupakan ciri dari belajar di Perguruan Tinggi.
Kedua, tanggung jawab kepada orang tua. Untuk bisa masuk ke perguruan tinggi, diperlukan biaya yang tidak sedikit, dan untuk itu, orang tua saudara sudah mengupayakannya dengan segala cara. Betapa berdosanya saudara kepada orang tua, apabila perjuangan mereka, tidak dibalas dengan kesungguhan dalam belajar.
Ketiga, tanggung jawab kepada masyarakat. Perlu diingat, walaupun orang tua saudara telah memberikan biaya pendidikan, tetapi masyarakat juga turut berkontribusi dalam penyelenggaraan pendidikan saudara melalui negara dalam bentuk pajak. Oleh karena itu, belajar dengan baik, dapat diartikan sebagai bentuk pertanggungjawaban awal terhadap dana yang diberikan masyarakat.

Hadirin dan Ananda Mahasiswa Baru yang Berbahagia!
Sekali lagi kami ucapkan selamat datang dan selamat bergabung kepada Mahasiswa Baru Angkatan 2016 di Kampus Biru Universitas Muhammadiyah Makassar dan di Keluarga Besar Muhammadiyah, jadilah Ahmad Dahlan-Ahmad Dahlan dan Siti Walidah-Siti Walidah penerus perjuangan Muhammadiyah dan Aisyiyah dalam mewujudkan Islam yang Sebenar-benarnya menuju Indonesia yang Bermartabat dan Berkemajuan.
Mulailah Masuk di Unismuh Makassar dengan niat dan cara yang baik dan Insya Allah anda akan keluar dengan cara yang baik pula.
Sebagaimana Sabda Nabi Muhammad saw Dari Amirul Mukminun Abu Hafsah Umar Bin Al-Khattab  “Saya mendengar Rasulullah Salallahu’alaihi Wasallam bersabda, “Amal perbuatan pasti disertai dengan niat, dan setiap orang akan mendapatkan balasan sesuai dengan niatnya. Siapa yang hijrah semata-mata karena Allah dan Rasul-Nya maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya; siapa yang hijrah karena dunia yang akan dia dapatkan, atau hijrah karena seorang perempuan yang akan dia nikahi, maka hijrahnya sesuai dengan tujuannya.” (Muttafaq Alaih).
Unismuh berupaya untuk senantiasa bersungguh-sungguh dalam mendidik putra-putri bangsa untuk menjadikan mereka sebagai manusia yang bukan saja unggul dalam keilmuan tetapi juga  dalam keislaman. Unismuh meyakini bahwa seorang muslim harus  memiliki wawasan keislaman dan keilmuan yang luas.
Untuk mencapai tujuan tersebut, Unismuh Makassa terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada mahasiswa dan masyarakat dengan Pengelolan Perguruan Tinggi yang secara Profesional dengan orientasi Mutu dengan pola kepemimpinan yang didasarkan pada  collective leadership dengan melibatkan pelbagai pemangku kepentingan untuk turut bersama memikirkan pengembangan Unismuh Makassar dengan bekerja secara bersama-sama melalui budaya kerja, Integrity, Profesional, dan Entreprenuship serta prinsip Sipakainge, Sipakalebbi, Sipakatau, Malilu Sipakainge, Mali Siparappe, Rebba Sipatokkong.
Semoga  Allah swt  melimpahkan  kepada  kita  semua rasa kepedulian dan kebersamaan yang tinggi serta kekuatan dan kesabaran dalam menjalankan kegiatan dan tugas kita bersama di kampus yang kita cintai ini. Aamiin.
Nasrun minallah wafathun qarib, Fastabiqul Khaerat. Wassalamu alaikum wr.wb.

Makassar, 06 Dzulhijah 1437 H / 08 September 2016 

Rektor,

Dr. H. Abd. Rahman Rahim,SE,MM.
NBM. 651 507

Tidak ada komentar:

Posting Komentar