Rabu, 19 April 2017

Kedokteran Unismuh Butuh 16 Dokter Spesialis


DOKTER SPESIALIS. Dekan Fakultas Kedokteran Unismuh Makassar, Mahmud Ghaznawie, mengatakan, FK Unismuh Makassar, tahun ini secara bertahap akan merekrut 16 dokter spesialis. Perekrutan dokter spesialis dilakukan selain sebagai upaya peningkatan pelayanan akademik yang lebih maksimal, juga akan mengurangi sedikit demi sedikit ketergantungan dari Unhas. (Foto: Nasrullah/Humas Unismuh Makassar)



-----------





Kedokteran Unismuh Butuh 16 Dokter Spesialis


Fakultas Kedokteran  (FK) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, tahun ini secara bertahap akan merekrut 16 dokter spesialis. Perekrutan dokter spesialis dilakukan selain sebagai upaya peningkatan pelayanan akademik yang lebih maksimal, juga akan mengurangi sedikit demi sedikit ketergantungan dari Unhas.
Dekan Fakutas Kedokteran Unismuh Makassar dr Mahmud Ghaznawie PhD SpPA(k), mengakui bahwa sumber daya dosen yang dimiliki sendiri FK Unismuh sudah memadai yakni sebanyak 45 orang, dan sisanya sebagian besar dosen dari Unhas. Dosen yang mengajar rata-rata berkualifikasi S2 atau dokter spesialis.
“Terkait dengan upaya FK Unismuh menuju mandiri, Unhas sebagai pembina juga telah mendorong agar FK Unismuh bisa lebih cepat mandiri. Dan bahkan Unhas sebagai pembinan merasa sangat senang jika ada perguruan tinggi binaannya yang bisa mandiri,” tandas alumni S3 Australia 1996.
Mahmud Ghaznawie mengatakan dari 16 dokter spesialis yang dibutuhkan, diplot masing-masing bagian empat dokter spesialis, seperti dokter spesialis anak empat orang, spesialis kandungan empat orang, spesialis penyakit dalam empat orang, spesialis bedah empat orang, dan lainnya masing-masing empat dokter spesialis.
“Idealnya memang harus memiliki empat orang tenaga dokter spesialis per bagian,” tandas dosen Unhas kelahiran Yogyakarta tahun 1951.
Mahmud Ghaznawie yang sejak 2012 menjadi Dekan FK Unismuh, saat ini sedang mempersiapkan reakreditasi Prodi Pendidikan Dokter. Tim asesor akan melakukan visitasi di fakultas yang dipimpinnya itu pada 19 April 2017.
“Kami sudah siap untuk divisitasi oleh tim asesor dari LAM-PTKes, dan Insya Allah semuanya berjalan lancar dan target Akreditasi B bisa dicapai,” ujarnya.
Sekadar diketahui FK Unismuh memulai mewisuda sejak tahun 2015 lalu. Dan jumlah alumni yang sudah ditelorkan sebanyak 107 orang. Dari jumlah tersebut ada lima orang alumni yang ingin mengabdi sebagai dosen tutor. (nas/win)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar