Rabu, 19 April 2017

Kedokteran Unismuh Bidik Akreditasi B


PERSIAPAN AKREDITASI. Dekan Fakutas Kedokteran Unismuh, Dr dr  Mahmud Ghaznawie (kedua dari kanan), didampingi beberapa anggota Tim Persiapan Re-akreditasi, memberikan penjelasan tentang persiapan dan strategi Fakultas Kedokteran untuk meraih Akreditasi B, di Lantai II Fakultas Kedokteran Unismuh Makassar, Selasa, 11 April 2017. (Foto: Nasrullah/Humas Unismuh Makassar)





--------


Kedokteran Unismuh Bidik Akreditasi B


Setelah melakukan berbagai macam persiapan, terutama yang berkaitan dengan syarat-syarat re-akreditasi, maka Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar kini telah siap untuk divisitasi oleh tim visitasi dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes), pada 19 April 2017.
“Insya Allah tahun (2017) ini, Prodi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Unismuh Makassar sudah bisa mendapatkan Akreditasi B,” kata Dekan Fakultas Kedokteran Unismuh Makassar, dr Mahmud Ghaznawie PhD, kepada wartawan di Makassar, Selasa, 11 April 2017.
Dia mengatakan, Prodi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Unismuh Makassar sudah mengantongi Akreditasi C dari Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) dengan nomor: 151/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/VI/2013, tahun 2013. Surat Keputusan BAN-PT untuk status akreditasi Prodi Kedokteran Unismuh Makasar tersebut berlaku sampai dengan tanggal 29 Juni 2018.
“Tentu saat ini masih ada hal-hal yang perlu dibenahi, termasuk melengkapi sarana dan prasarana yang masih dianggap kurang, tetapi secara keseluruhan Prodi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Unismuh Makassar sudah siap untuk divisitasi dalam rangka re-akreditasi dan kami optimis dapat memperoleh Akreditasi dengan nilai B,” tegas Mahmud.
Mahmud mengakui sekarang ini dosen yang digunakan di Fakultas Kedokteran masih banyak dari Universitas Hasanuddin (Unhas), tapi ke depan FK Unismuh akan berusaha mengurangi ketergantungannya dari Unhas.
Untuk itulah, katanya, Fakultas Kedokteran akan merekrut dosen lebih banyak, juga merekrut tenaga pembimbing klinik, dan juga akan memberikan kesempatan dosen Unismuh untuk studi lanjut.
“Kami akan merekrut dosen baru dan juga akan mendorong dosen-dosen kami untuk studi lanjut,” kata Mahmud.

Kunjungan Rektor

Dia mengatakan, Rektor Unismuh Dr H Abdul Rahman Rahim, bersama Wakil Rektor I Ir H Abdul Rakhim Nanda, dan Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Unismuh Makassar, Dr H Lukman Hakim, pada Selasa siang, ,Menjelang pelaksanaan reakreditasi Fakultas Kedokteran Unismuh Makassar dari Lembaga Akreditasi Mandiri Lembaga Pendidikan Kesehatan (LAM-PTKes), 19 April 2017, Rektor Unismuh Dr H Abdul Rahman Rahim, meminta seluruh jajaran yang ada di Fakultas Kedokteran untuk segera mempersiapkan segala sesuatunya yang diperlukan dalam kegiatan visitasi tim Asessor.
Hal-hal yang terkait dalam penilaian reakreditasi segera dibenahi sejak dini. Jika ada yang dirasakan kurang dan harus berhubungan dengan rektorat sesegera mungkin dilaporkan, termasuk alat-alat yang masih kurang harus dilengkapi sebelum tiba pelaksanaan visitasi dari tim assessort.
Rahman ingin Fakultas Kedokteran Unismih Makassar 2017 tahun ini sudah terakreditasi B. Akreditasi ini sangat penting karena bisa mempengaruhi tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Unismuh, khususnya Fakultas Kedokteran.
“Bila mana akreditasinya bisa mencapai B, kepercayaan masyarakat pasti akan lebih meningkat, tapi insya Allah dengan kerja keras kita bersama, itu bisa dicapai,” kata Rahman Rahim.
Rektor mengatakan hal tersebut, ketika mengikuti presentasi persiapan reakreditasi yang dipimpin Dekan Fakutas Kedokteran Unismuh, Dr dr Mahmud Ghaznawie PhD,SpPA (K), di Lantai II Fakultas Kedokteran Unismuh Makassar, Selasa, 11 April 2017. Hadir pada kesempatan itu, Wakil Rektor I, Ir H Abdul Rakhim Nanda, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Dr Lukman Hakim, dan sejumlah dosen Fakultas Kedokteran Unismuh.
Dekan Fakultas Kedokteran Unismuh Makassar, dr Mahmud Ghaznawie, kepada wartawan, mengatakan, Fakultas Kedokteran sudah siap untuk divisitasi oleh tim asesor.
“Tentu saat ini masih ada hal-hal yang perlu dibenahi, termasuk melengkapi sarana dan prasarana yang masih dianggap kurang, tetapi secara keseluruhan Fakultas Kedokteran sudah siap untuk divisitasi,” tegas Mahmud.
Mahmud mengakui sekarang ini dosen yang digunakan di Fakultas Kedokteran masih banyak dari Universitas Hasanuddin (Unhas), tapi ke depan FK Unismuh akan berusaha mengurangi ketergantungannya ddari Unhas.
Untuk itulah, katanya, Fakultas Kedokteran akan merekrut dosen lebih banyak,  juga merekrut tenaga pembimbing klinik, koordinator blok dari Unismuh yang selama ini  tenaganya masih dari Unhas, dan juga akan memberikan kesempatan dosen Unismuh untuk studi lanjut. (nas/win)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar