Jumat, 18 November 2016

Tim Asessor BAN-PT Melakukan Kunjungan ke Pascasarjana Unismuh


Rektor Unismuh Makassar, Dr Abdul Rahman Rahim (kelima dari kiri) didampingi Direktur PPs Unismuh Prof Ide Said (kedua dari kiri), Sekretaris PPs Unismuh Dr Darwis Muhdina (ketiga dari kanan), dan Dekan FKIP Unismuh Dr Andi Sukri Syamsuri (paling kiri), foto bersama Tim Asesor BAN-PT Prof Nurhayati Bizzy (ketiga dari kiri) dan Dr Mulyana (keempat dari kiri), di Gedung Pascasarjana Unismuh Makassar, Sabtu, 12 November 2016. (Foto: Andriani/Humas Unismuh Makassar)


----





Tim Asessor BAN-PT Melakukan Kunjungan ke Pascasarjana Unismuh



Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar mendapat kunjungan Visitasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Kunjungan ini diawali dengan penyambutan kedatangan tim assessor yang terdiri dari 2 orang yang ditugasi BAN-PT yaitu Prof. Dr. Nurhayati Bizzy, M.Pd., dari Universitas Sriwijaya (UNSRI) Palembang dan Dr. Mulyana, M.Hum., dari Universitas Negeri Yogyakarta, ke kampus Unismuh Makassar, Sabtu, 12 November 2016, di gedung Pascasarjana Unismuh Makassar.

Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan peninjauan langsung dan melakukan visitasi dalam rangka akreditasi program Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Unismuh Makassar. Kegiatan visitasi ini dihadiri oleh Rektor Unismuh Makassar: Dr. H. Abdul Rahman Rahim, S.E., M.M., Direktur Pascasarjana Unismuh: Prof. Dr. H. M. Ide Said D.M., M.Pd., Sekertaris Pascasarjana: Dr. H. Darwis Muhdina, M.Ag., dekan FKIP Unismuh: Dr. Andi Sukri Syamsuri, M.Hum., ketua prodi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: Dr. Abd. Rahman Rahim, M.Hum., dan beberapa dosen dan staf.   
Kegiatan visitasi hari ini dilakukan untuk mencek dan mencocokkan apa yang telah kami kerjakan dengan standar-standar evaluasi akreditasi. Saya melihat tugas BAN-PT ini sesuai dengan surah Al-Baqarah, yakni dijelaskan bahwa setiap sesuatu yang kita kerjakan itu akan tuntas ketika telah disaksikan. Jadi apa yang telah kami kerjakan akan disaksikan oleh bapak dan ibu tim assessor, apakah yang kami kerjakan ini sudah sesuai dengan standar atau tidak, ungkap Direktur Pascasarjana Unismuh, Prof. Dr. H. M. Ide Said D.M., M.Pd.

Lebih lanjut rektor Unismuh Makassar, Dr. Abdul Rahman Rahim, menyampaikan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran tim asessor BAN-PT. Selain itu, Rahman Rahim menyampaikan harapannya terhadap tim asessor BAN-PT untuk memberikan masukan-masukan terkait apa yang ada di lapangan dan bagaimana bisa berkembang lebih baik lagi.

Terkait dengan tujuan visitasi ini, Prof. Dr. Nurhayati Bizzy, M.Pd., menyatakan bahwa mereka ditugaskan untuk melakukan visitasi dalam rangka akreditasi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Dari borang yang telah kami baca, itu memang harus diberi standard dan assessment, baik itu kualitatif dan kuantitatif. Hal ini memang harus divalidasi segala sesuatunya, dilihat lagi apakah yang ditulis itu benar adanya yang dinilai dari perencanaan dan pelaksanaannya. Mohon kerjasamanya juga, biasanya kami selalu meminta data pendukung karna mungkin tidak disebutkan di dalam borang, tutur Nurhayati.

Selanjutnya, secara teknis, Dr. Mulyana, menambahkan bahwa dalam rangka melaksanakan tugas mereka, mereka meminta izin untuk melakukan peninjauan langsung memantau sarana dan prasarana yang digunakan. Hal ini dimaksudkan dengan tujuan untuk menilai secara objektif tentang apa yang telah dituliskan di dalam borang dan dikonfirmasikan secara objektif apa adanya.

Berdasar pengalaman kami, borang itu ada dua bentuk, yaitu pertama yang ditulis oleh bapak ibu di borang, itu tidak ada datanya. Kedua, yang tidak dituliskan di borang oleh bapak dan ibu yang justru ada. Dan bahkan yang kedua ini yang lebih banyak. Jadi kami menunggu konfirmasi bapak ibu kegiatan-kegiatan apa yang tidak sempat dan belum dituliskan di dalam borang, ungkap Mulyana.

Kegiatan proses Visitasi tim BAN-PT dilanjutkan dengan peninjauan langsung terhadap sarana dan prasarana, antara lain ruangan kelas, ruangan dosen, perpustakaan, dan laboratorium. Diakhir proses visitasi, Tim asessor BAN-PT mengadakan diskusi dan konfirmasi dengan pihak Pascasarjana Unismuh Makassar. (Hamsinah)


  




  

        






Tidak ada komentar:

Posting Komentar