Jumat, 30 September 2016

Pidato Milad ke-53 dan Wisuda ke-60 Unismuh Makassar


MILAD DAN WISUDA. Rektor Unismuh Makassar, Dr H Abdul Rahman Rahim SE MM, memimpin Rapat Senat Terbuka Luar Biasa dalam rangka Milad ke-53 dan Wisuda ke-60 Unismuh Makassar, di Balai Sidang Utama Kampus Unismuh Makassar, Sabtu, 27 Agustus 2016. (Foto: Andriani)




-------




Pidato Milad ke-53 dan Wisuda ke-60 Unismuh Makassar



Assalamu Alaikum wr. wb.
Alhamdulillah, segala puja dan puji hanya untuk Allah Rabbul Alamin, karena pada hari yang sangat berbahagia ini, kita memperoleh nikmat-Nya untuk dapat berkumpul di Balai Sidang Utama Unismuh Makassar, dalam  rangka melaksanakan satu kegiatan yang sangat penting bagi keluarga besar Unismuh Makassar, yaitu Wisuda ke-60 Unismuh Makassar, tahun akademik 2015/2016 dan Milad ke-53 Unismuh Makassar.
Selanjutnya, marilah kita sampaikan shalawat dan salam kepada Nabiullah Muhammad SAW, nabi akhir zaman yang kita jadikan uswatun hasanah dalam setiap aktivitas kita. Nabi pembawa cahaya kebenaran, sehingga dengan mengamalkan sunnahnya, insya Allah menyelamatkan kehidupan dunia dan akhirat kita.
Pada  kesempatan yang berbahagia ini saya, atas nama Rektor dan seluruh sivitas akademika Unismuh Makassar, mengucapkan   selamat kepada para wisudawan atas keberhasilannya menyelesaikan studi di Unismuh Makassar.
Saudara telah berhasil melewati berbagai tantangan dan cobaan selama studi, ini sungguh luar biasa. Keberhasilan saudara ini adalah berkat rahmat dan karunia Allah SWT, yang ditunjang dengan kerja keras dan usaha saudara, serta tentu saja dukungan dari orangtua  dan keluarga.
Karena itu, jadikan wisuda ini menjadi salah satu momentum untuk bersyukur kepada Allah SWT, dengan tetap mohon bimbingan dan petunjuk-Nya untuk melangkah dalam upaya selanjutnya.
Kepada orangtua dan keluarga wisudawan, saya turut bersyukur, berbahagia, dan sekali lagi mengucapkan selamat atas keberhasilan anak-anak kita.
Dan tak lupa, yang tak kalah pentingnya, adalah ucapan terimakasih  dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh dosen dan staf Unismuh, atas kerja keras dan kerjasamanya, dalam melaksanakan  tugas mendidik mahasiswa kita, hingga mereka berhasil menyelesaikan studinya dan dapat diwisuda pada hari yang berbahagia ini.
Perlu kami sampaikan bahwa jumlah wisudawan pada Agustus 2016, sebanyak 860 orang, yang tersebar pada 26 Program Studi (Prodi) dengan rata-rata IPK sebesar 3,52, dan lama studi rata-rata 4,2 tahun. Nilai tertinggi diraih oleh Muhammad Irwandi Amri, mahasiswa Prodi Budidaya Perairan, dengan nilai IPK 3,99 dan lama studi, 3 tahun 6 bulan.

Hadirin yang berbahagia.
Momentum Wisuda kali ini sekaligus juga memaknai kelahiran Unismuh Makassar yang kini telah berusia 53 Tahun. Unismuh Makassar hadir sebagai salah satu wujud tanggungjawab Muhammadiyah untuk umat dan bangsa ini. Dalam perkembangannya, Unismuh Makassar menuju suatu visi: “Menjadi Perguruan Tinggi Islam Terkemuka Unggul Terpercaya Dan Mandiri.

Upaya-upaya yang telah dilakukan untuk mencapai visi tersebut di antaranya:
1.      Peningkatan mutu dan proses belajar mengajar yang diawali dengan penerimaan mahasiswa baru, dilakukan dengan sistim “One day Service”.Setiap pelaksanaan kegiatan akademik, di bawah pengawasan Lembaga Penjaminan Mutu P4M Unismuh Makassar, serta peningkatan Akreditasi Program Studi.
Dari 34 progam studi yang ada, 2,94% sudah terakreditasi A, 50% teraktediasi B, dan sisanya dalam proses reakreditasi untuk memperoleh peringkat Terakreditas B maupun Terakreditasi A.
2.      Peningkatan SDM melalui pendidikan ke jenjang S3, pada tahun 2015-2016, jumlah dosen Unismuh Makassar yang sedang lanjut S3 sebanyak 98 orang. Mereka tersebar di berbagai perguruan tinggi dalam dan luar negeri. Yang kuliah di dalam negeri, antara lain di Universitas Negeri Malang, UGM, IPB, UNM, Unhas, Unesa, Unair, sedangkan yang kuliah di laur negeri, antara lain di Sudan, Malaysia, Australia, Jepang, dan Korea Selatan.
Selain itu, kegiatan lain yang menunjang melalui kuliah umum dengan mendatangkan pemateri yang berkompeten di antaranya oleh Prof Dr Abdul Hakim MSi (Guru Besar Universitas Brawijaya), Prof dr Ali Ghufrom Mukti MSc PhD (Ditjen Sumber Daya Iptek Kemenristek Dikti), dan Mery Heater White dari Humber University Canada.]
3.      Peningkatan pangkat jabatan akademik dosen ke Lektor, Lektor Kepala, dan Guru Besar. Dari 605 dosen Unismuh Makassar, terdapat 4 atau 0,83 Guru Besar, 90 atau 14,88% Lektor Kepala, 108 atau 17,85% Lektor, 129 atau 21,32% Asisten Ahli, dan sisanya tenaga pengajar yang merupakan dosen baru yang sementara proses pengurusan pangkat akademik.
4.      Penyediaan sarana prasarana belajar, ruangan praktek, laboratorium, Studio, Workshop dan Perpustakaan Unismuh Makassar telah mendapat akreditasi B dari Lembaga Akreditasi Perpustakaan Nasional.
5.      Pembinaan kemahasiswan yang intens yang dilaksanan melaui GJDJ dan pembinaan UKM selama ini tidaklah sia-sia, berbagai prestasi telah diraih mahasiswa baik dalam skala lolal, nasional, bahkan telah mampu berbicara pada skala internasional di antaranya:
-          Tujuh mahasiswa Unismuh Makassar menjadi wakil Indonesia dalam kontes debat bahasa Inggris tingkat Asia. Mereka adalah Muthia Mutmainna Darmu, Sucitra, Sulastiani, Musdalifah, Mujib Hasib, Muhammad Aswar, dan Dwi Dian Permatasari. Mahasiswa yang tergabung dalam UKM Bahasa Unismuh ini mengikuti debat di Assumption University of Thailand, Bangkok, pada 29 Mei hingga 10 Juni 2016.
-          Unismuh Makassar telah mengirim mahasiswa untuk berdakwah ke Thailand. Adapun mahasiswa asing asal Thailand yang bertugas adalah Tameesee Kuning, mahasiswa prodi Al-Ahwal Syakhsiyyah, dan Asita Useng mahasiswi prodi Pendidikan Bahasa Arab.
-          Dua kader Lembaga Kreativitas Ilmiah Mahasiswa Penelitian dan Penalaran (LKIM-PENA) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar terpilih mengikuti ajang ICEPAS 2016 (International Conference on Education, Psychology and Society 2016) di Pulau Jeju, Korea Selatan. Nurazizah dan Asni Suryaningsih adalah dua kader LKIM-PENA terpilih mengikuti ICEPAS pada 21 April 2016 di Pulau Jeju, Korea Selatan. Kedua kader tersebut tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris.
-          LKIM Pena menjadi Delegasi Think ASEAN program 5 negara (Singapura, Malaysia, Thailand, Kamboja dan Vietnam), meloloskan tujuh peserta pada Ajang Youth Excursion 2016 (YOUTEX 2016) di Kuala Lumpur, Malaysia, serta peringkat tiga terbaik Perguruan Tinggi Swasta se-Indonesia yang meloloskan PKM 5 Bidang (PKM) didanai oleh Kemenristek Dikti.
-          UKM Seni Budaya Talas Unismuh Makassar, jadi juara dalam festival tari mahasiswa nasional III. Festival ini digelar oleh Universitas Sriwijaya, Palembang. Dan masih banyak prestasi akademik lainnya yang tidak disebutkan satu persatu.
6.      Penelitian Dosen Tahun 2016 yang dibiayai sendiri oleh Unismuh Makassar sebanyak 110 Judul dengan biaya Rp 770.000.000,-. Dan yang dibiayai dikti sebanyak 47 orang yang terdiri dari Hibah dosen pemula, hibah bersaing, hibah Pascasarjana, Hibah Doktor, Hibah Pekerti dengan jumlah anggaran 1,65 M.
7.      Pengabdian pada Masyarakat dosen Tahun 2016 yang dibiayai sendiri oleh Unismuh Makassar sebanyak 82 Judul dengan biaya Rp 573.200.000.
8.      Jumlah Publikasi Internasional sebanyak 33 dan Publikasi Nasional sebanyak 36.
9.      Pada bulan Agustus 2016, LP3M Unismuh Makassar telah naik peringkat dari status binaan menjadi status mandiri. Hal ini menAndakan tingkat kepercaan pemerintah melalui Kemenristek Dikti semakin baik kepada Unismuh Makassar.
10.  Unismuh Makasar sampai saat ini tidak hanya membangun kerjasama dan kebersamaan dengan perguruan tinggi dan lembaga-lembaga pemerintah di dalam negeri, tetapi juga membangun kerjasama dengan lembaga internasional, di antaranya dengan Humber School Canada, dalam bidang pengembangan kewirausahaan untuk menciptakan wirausahawan di Unismuh Makassar.
Selanjutnya, kerjasama dengan UTM Malaysia dalam pemagangan mahasiswa untuk praktek mengajar di Malaysia. Kemudian dengan CPI Jepang, dalam rangka pembinaan dan pemberdayaan masyarakat pesisir, lalu dengan Asia Muslim Charity Foundation (AMCF) pada Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab.
11.  Dan masih banyak hal-hal yang telah dilakukan untuk meningkatkan kinerja perguruan tinggi yang tidak disebutkan satu persatu.

Selain dari upaya yang telah dilakukan tersebut, untuk menunjang percepatan pencapaian visi Unismuh Makassar, maka telah disusun program strategis untuk satu periode kepemimpinan.

1.      Pertama, meningkatkan kualitas produk Unismuh yang meliputi: lulusan, penelitian, pengabdian masyarakat, ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui peningkatan mutu proses pembelajaran, mutu penelitian dan pengabdian pada masyarakat, yang bermuara pada produk yang berkualitas dan berintegritas, dengan memperkokoh karakter melalui pendidikan nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK), serta peningkatan sistem penjaminan mutu, baik SPMI oleh P4M, maupun sistem penjaminan mutu eksternal oleh Majelis Dikti Litbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah, BAN-PT, Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Kemenristek Dikti, serta Lembaga Akreditasi lainnya pada level Regional, Nasional, dan Internasional.
2.      Kedua, meningkatkan kualitas sumber daya yang meliputi: dosen, karyawan, sarana prasarana yang mendukung peningkatan seluruh produk Unismuh melalui peningkatan derajat pendidikan tertinggi, kepangkatan dan jabatan fungsional tertinggi, sertifikasi dosen, peningkatan wawasan dan ilmu pengetahuan, seni, skill, serta kesejahteraannya.
Begitupun juga peningkatan kualitas dan kuantitas sarana prasarana pembelajaran di kelas maupun di laboratorium yang mendukung peningkatan kualitas seluruh produk Unismuh.
Penataan sistem keuangan melalui sistem yang terintegrasi untuk menciptakan pelaporan yang transparan dan akuntabel menghasilkan hasil pemeriksaan yang clean opinion.
Selain itu, program peningkatan penghasilan Universitas Muhammadiyah Makassar selain dari internal Unismuh juga dilakukan melalui usaha ekternal berupa pengembangan bisnis dan Hibah dari Pemerintah dan swasta.
3.      Peningkatan dan pembinaan kemahasiswaan dan alumni melalui pembinaan bakat, minat, penalaran, wawasan dan prestasi mahasiswa, penyelesaian studi tepat waktu, indeks prestasi mahasiswa tertinggi serta kesejahteraannya melalui Beasiswa dari Pemerintah Pusat, Gubernur, para Bupati maupun swasta, dan Unismuh sendiri begitu pula bagi lulusannya berpeluang mendapat kesempatan kerja di berbagai sektor lapangan pekerjaan ataupun menjadi wirausaha yang tangguh dan mandiri.
4.      Pengembangan Al Islam dan Kemuhammadiyahan melalui peningkatan kajian, pemahaman, dan pengamalan ajaran Islam sesuai dengan Al-Qur’an dan sunnah dengan indikator utama : shalat fardhu berjamaah di masjid dan mushollah dalam kampus.
5.      Meningkatkan kualitas dan kuantitas kerjasama antar institusi, baik dalam maupun luar negeri  yang mendukung peningkatan kualitas seluruh produk Unismuh dengan prinsip saling menguntungkan dalam rangka peningkatan ilmu pengetahuan teknologi seni, dan pengamalan ajaran Islam sesuai Al-Qur’an dan Sunnah.

Para wisudawan yang berbahagia,
Hari ini, secara resmi status saudara berubah dari mahasiswa menjadi alumni. Hubungan saudara dengan Unismuh juga berubah dari selama ini yang dilayani, menjadi bagian dari Unismuh yang  akan berusaha membantu meningkatkan pelayanan Unismuh kepada masyarakat.
Banyak peran yang dapat Anda berika kepada almamater saudara.  Saudara telah dibekali pengetahuan dan keterampilan serta bekal hidup yang memadai.
Karena itu kami mengharapkan dengan kemampuan dan profesionalisme yang saudara miliki. Saudara tidak hanya menjadi pencari kerja, tetapi justru diharapkan Anda menjadi bagian dari masyarakat pencipta lapangan kerja. Tangan di atas selalu lebih baik dari tangan di bawah.
Unismuh menanti dengan tangan terbuka upaya dan niat baik saudara untuk membantu Unismuh dan turut serta meningkatkan bakti Unismuh kepada masyarakat, agama, bangsa, dan negara.
Kalau kita menengok pada kenyataan sosial, kita akan dapati bahwa tidak  semua  orang  meraih  keberhasilan dengan  membawa kebaikan bagi orang lain. Ada sebagian orang yang meraih keberhasilan  dengan cara memperdaya dan mengeksploitasi orang lain.
Contohnya adalah para koruptor. Mereka berhasil meraih posisi yang tinggi dan mengumpulkan kekayaan. Mereka mungkin memberikan manfaat bagi segelintir orang di sekitarnya, tetapi banyak orang lain yang kehilangan hak-haknya, terzalimi, dan menderita akibat perbuatan mereka.
Ketidak-pedulian akan hak-hak orang lain adalah sebuah “benih” bagi tumbuhnya watak korup. Maksudnya, kalau ketidak-pedulian sosial sudah menjadi sifat pada diri kita, kita akan rentan terhadap  godaan untuk melakukan korupsi. Tetapi kalau sifat kepedulian terhadap sesama dan tanggungjawab sosial sudah melekat pada diri kita, hal ini menjadi sebuah “vaksin” penangkal “virus” korupsi.

Para Wisudawan yang berbahagia,
Pada kesempatan yang berbahagia ini, sebagai tanda cinta orangtua kepada anaknya, izinkan saya memberikan amanat kepada saudara:
1.      Jagalah aqidah saudara. Dengan aqidah yang bersih, seorang muslim akan memiliki ikatan yang kuat kepada Allah SWT, dan dengan ikatan yang kuat itu, dia tidak akan menyimpang dari jalan dan ketentuan-ketentuan Allah SWT.
2.      Jangan lalai dalam beribadah. Semakin dekat saudara kepada Allah, semakin dekat pula pertolongan dan kesuksesan yang Anda cita-citakan.
3.      Jagalah akhlak saudara. Dengan akhlak yang mulia, manusia akan bahagia dalam hidupnya, baik di dunia apalagi di akhirat. Kata Nabi SAW, “tidak ada sesuatu yang lebih berat dalam timbangan (kelak pada hari kiamat) dari akhlak yang baik.” (HR. Abu Dawud)
4.      Bekerjalah dengan baik dan ikhlas dimanapun saudara bertugas dan mengabdikan diri. Keikhlasan adalah senjata yang paling ampuh dalam menempuh kehidupan dan karir. Yakinlah bahwa Allah SWT yang menetapkan rezeki bahkan dari tempat yang tidak terduga sekalipun.
5.      Jadilah pribadi yang penuh semangat dan optimis dan jangan mudah berputus asa. Yakinlah Allah akan merubah nasib kita sepanjang kita selalu berusaha dengan keras.
6.      Teruslah belajar dan belajar, karena ilmu Allah itu luas, apa yang diperoleh selama kuliah belum seberapa dibandingkan dengan ilmu Allah yang Maha luas. Oleh karena itu terus tingkatkan dan kembangkan kemampuan diri.
7.      Pandailah menjaga waktu. Di antara yang disabdakan Nabi Muhammad SAW adalah memanfaatkan momentum lima perkara sebelum datang lima perkara, yakni waktu hidup sebelum mati, sehat sebelum sakit, muda sebelum tua, senggang sebelum sibuk, dan kaya sebelum miskin.

Hadirin yang berbahagia,
Unismuh Makassar berupaya untuk senantiasa bersungguh-sungguh dalam mendidik putra-putri bangsa untuk menjadikan mereka sebagai manusia yang bukan saja unggul dalam keilmuan tetapi juga  dalam keislaman.
Unismuh meyakini bahwa seorang muslim harus memiliki wawasan ke-Islam-an dan keilmuan yang luas. Bisa kita bayangkan, betapa bahayanya suatu perbuatan tanpa mendapatkan pertimbangan pemikiran secara matang terlebih dahulu.
Sesuai firman Allah dalam surat Az-Zumar: “Katakanlah: Samakah orang yang mengetahui dengan orang yang tidak mengetahui?”, Sesungguhnya orang-orang yang ber-akal-lah yang dapat menerima pelajaran (QS 39:9).
Berdasarkan hal itu, maka Unismuh berupaya menjadikan Islam sebagai ruh dalam penyelenggaraan pendidikan dan aktivitas layanannya, sehingga dalam dalam penyelanggaraan perguruan tinggi ini, dikembangkan pola kepemimpinan yang didasarkan pada collective leadership, dengan melibatkan pelbagai pemangku kepentingan, untuk turut bersama-sama memikirkan pengembangan Unismuh Makassar dengan bekerja secara bersama-sama melaui budaya kerja, Integrity, Profesional, dan Entreprenuship, serta prinsip: sipakainge, sipakalebbi, sipakatau, malilu sipakainge, mali siparappe, rebba sipatokkong, resopa temmangingngi namalolomo naletei pammasena dewatae.

Hadirin yang kami hormati,
Akhirnya, pada kesempatan ini, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah ikut memikirkan dan berpartisipasi dalam pengembangan Kampus tercinta ini, terutama kepada seluruh pimpinan, civitas akademika dosen dan karyawan, warga persyarikatan Muhammadiyah, sesepuh Muhammadiyah, para peletak dasar Unismuh Makassar, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten dan kota se-Sulsel, Koordinator Kopertis wilayah IX, Koordinator Kopertais Wilayah VIII.
Lebih khusus lagi kepada orangtua dan keluarga wisudawan yang telah mempercayakan kepada institusi ini untuk mendidik anak-anaknya dengan segala kekurangan yang dialami dalam pelayanan pendidikan, mohon dimaafkan.
Para undangan dan hadirin kami ucapkan terima kasih atas waktu yang diluangkan untuk menghadiri acara ini, dan kami senantiasa membuka diri meneriman saran, masukan dan kritikan yang konstruktif demi memajukan perguruan tinggi tercinta ini.
Assalamu Alaikum warahmatullahi wabarakutuhu.

Makassar, 27 Agustus 2016
Rektor Unismuh Makassar
 
Dr H Abdul Rahman Rahim SE MM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar