Selasa, 28 Maret 2017

Unismuh Berkolaborasi UMJ dan Uhamka


CENDERA MATA. Dekan FKIP Unismuh Makassar, Erwin Akib PhD (kiri) bertukar-cendera mata Dekan FIP UMJ Dr Herwina Bahar, pada acara penarikan mahasiswa Program P2K Nasional, di Kampus UMJ, Jakarta, Sabtu, 25 Maret 2017. (ist)





--------





Unismuh Berkolaborasi UMJ dan Uhamka


Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar akan berkolaborasi dengan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Univesitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), dan FKIP Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka) Jakarta, guna melaksanakan Seminar Akademik.
“Kegiatan ini akan dilaksanakan secara bergilir dengan melibatkan dosen dan mahasiswa pascasarjana dari masing-masing perguruan tinggi,” kata Dekan FKIP Unismuh Makassar, Erwin Akib PhD, kepada wartawan di Makassar, Rabu, 29 Maret 2017.
Kesepakatan itu, katanya, diperoleh pada acara penarikan mahasiswa FKIP Unismuh Makassar yang melaksanakan Pengembangan Profesi Keguruan (P2K) Nasional atau Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pendidikan Nasional Persyarikatan Muhammadiyah, di Kampus UMJ dan di Kampus Uhamka, Sabtu, 25 Maret 2017.
Tentang pelaksanaan P2K Nasional, Erwin mengatakan, mahasiswa FKIP Unismuh Makassar yang mengikuti P2K Nasional sebanyak 52 orang, terdiri atas mahasiswa Program Studi Pendidikan Sosiologi, mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika, mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, serta mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika.
“Mereka mengikuti Program P2K selama satu bulan di Jakarta dan ditempatkan di sekolah-sekolah mitra UMJ dan Uhamka,” jelas Erwin, seraya menambahkan bahwa Program P2K Nasional di Jakarta sudah dua tahun berturut-turut dilaksanakan FKIP Unismuh Makassar, tetapi tahun lalu kerjasamanya hanya dilakukan dengan Uhamka.
Program P2K Nasional tersebut, katanya, dirintis oleh Dekan FKIP Unismuh yang ia gantikan, yakni Dr H Andi Sukri Syamsuri MPd.
Andi Sukri yang dimintai penjelasannya mengenai Program P2K Nasional mengatakan, kegiatan tersebut diadakan karena mahasiswa butuh wawasan yang lebih luas dan perbandingan dengan perguruan tinggi lain.
“Mahasiswa butuh wawasan yang lebih luas dan perbandingan dengan perguruan tinggi lain, inilah yang mendasari sehingga kami mengadakan P2K Nasional. Malah kami juga punya program P2K Internasional dan itu sudah tiga tahun kami laksanakan,” papar Andis.
Khusus P2K reguler, FKIP Unismuh Makassar menerjunkan 1.500 mahasiswa ke beberaa kabupaten di Sulawesi Selatan, terdiri atas 700 mahasiswa di Kabupaten Maros, serta 800 mahasiswa di Kabupaten Pangkep. (win/hh/ar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar