Sabtu, 15 Oktober 2016

Dosen Unismuh Pembicara Tamu di Universitas Widyagama


PEMBICARA TAMU. Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Erwin Akib PhD, menjadi pembicara tamu pada Kuliah Tamu Internasional, di Universitas Widyagama Malang (UWG), Selasa, 11 Oktober 2016. (ist)





----------


Dosen Unismuh Pembicara Tamu di Universitas Widyagama


Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Erwin Akib PhD, menjadi pembicara tamu pada Kuliah Tamu Internasional, di Universitas Widyagama Malang (UWG), Selasa, 11 Oktober 2016.

Erwin yang menjabat Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) Unismuh Makassar dan juga Ketua Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris, tampil bersama Prof. Dr. Zainal Abidin, dari Universiti Teknologi Malaysia, pada kuliah tamu internasional dengan tema: Internationalization of Higher Education.

Saat memberikan kuliah umum, Erwin menyampaikan bahwa untuk melakukan kolaborasi international, diperlukan adanya komitmen pimpinan perguruan tinggi.

Komitmen pimpinan perguruan tinggi sangatlah penting, agar visi dan misi perguruan tinggi dapat tercapai. Kata Erwin. Selain itu, katanya, sumber daya manusia (SDM) yang ada pada perguruan tinggi, mulai dosen, mahasiswa, dan karyawan, juga harus siap menerima tantangan globalisasi yang menuntut kemampuan soft skill dan hard skill.

Sementara pembicara yg kedua Prof. Zaenal menyampaikan, bahwa salah satu indikator PT itu akredibel adalah ketika jumlah publikasi international yang dimilikinya banyak dan dikutip oleh penulis lain.

Prof Zaenal dari Universiti Teknologi Malaysia mengemukakan bahwa salah satu indikator perguruan tinggi yang kredibel adalah ketika jumlah publikasi international yang dimilikinya tegolong banyak dan juga banyak dikutip oleh penulis lain.

Direktur Kantor Urusan Internasional (KUI) Unversitas Widyagama Malang, Dr Ana Sopanah SE MSi AkCA CMA CIBA, menyampaikan bahwa kegiatan Kuliah Tamu Internasional yang diadakannya merupakan salah satu program yang diharapkan dapat mengakselerasi program internasional di UWG.

Rektor UWG Prof Dr Ir Iwan Nugroho MS, mengatakan, kehadiran KUI sangatlah strategis dalam menjalankan fungsi-fungsi internationalisasi perguruan tinggi.

Kami menyampaikan terima kasih kepada dua dosen tamu yang bersedia sharing pengalaman dengan dosen-dosen UWG. Kami juga berharap Universiti Teknologi Malaysia dapat menjadi mitra baru UWG di luar negeri, tutur Iwan Nugroho. (win)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar